30 Juli 2013
Profil Kepala Desa

Wilayah desa berisi tentang penjelasan dan deskripsi letak wilayah desa. contohnya sebagai berikut :
Batas-batas :
Utara                      : Kelurahan a
Timur                     : Desa b
Selatan                   : Desa c
Barat                      : Kelurahan d dan Desa e
Luas Wilayah Desa Penglatan   : 186,193 Ha
Letak Dan Batas Desa x
Desa Penglatan terletak pada posisi 115. 7.20 LS 8. 7.10 BT, dengan ketinggian kurang lebih 250 M diatas permukaan laut.

...

01 April 2013
Produk desa

Bukan hanya hasil bumi yang selalu menjadi sorotan dunia internasional, sebenarnya selain itu budaya yang kita punya pun tidak kalah bagusnya untuk ditunjukkan ke kancah internasional.
Songket, tenun, batik, ukir dan lain-lain. semua itu adalah kekayaan indonesia dari kearifan lokal yang ditinggalkan nnek moyang kita. dan melalui media website, hal ini dapat kita tampilkan melalui sebuah etalase yang sederhana.hasil kerajinan berkualitas tinggi yang memiliki daya tarik, tidak selalu berimbas negatif dengan menyerahkan tanah air dan tambang kita. lebih baik mengamankan mereka dengan memperkokoh lagi kearifan lokal, sehingga terjaga kelestarian budaya bangsa.

...

Potensi Desa

Media untuk menyampaikan potensi yang dimiliki oleh desa. bisa melihat dari sektor pertanian dan perikanan sebagai sentra ekonomi masyarakat. dll

Misal Kegiatan budidaya yang ada di dalamnya yang menjadi potensi namun kurang mendapat sorotan oleh pemerintah, ini dapat digunakan sebagai sarana advokasi untuk memperlihatkan kepada pemerintah untuk segera memberikan sarana penunjang kepada masyarakat.

atau dapat pula potensi antar desa yang berjejaring dapat memberi sumbangsih kelebihannya pada desa lain. contoh, ketika satu desa berhasil dengan metode budidaya tertentu, dapat menularkan pengetahuannya ke desa lain. apabila ada kebutuhan desa satu yang menjadi kelebihan desa lain dapat saling bertukar potensi.

POTENSI DESA BAGUNG

Setiap Desa tentunya memiliki potensi yang berbeda-beda.Potensi tersebut jika dikembangkan dengan baik maka akan menjadi sesuatu yang sangat berharga serta berguna untuk masyarakatnya.

Potensi tersebut biasanya dipengaruhi oleh letak desa itu sendiri,seperti Desa Bagung sendiri misalnya Terletak didaerah dataran Sedang,sebagian wilayahnya sebagian besar terdiri dari lahan persawahan dan pekarangan. yang otomatis menjadikan sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai petani.

Disamping lahan persawahan yang luas terdapat juga lahan pekarangan yang cukup luas,yang dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Desa Bagung khususnya di dusun Sadang ( nama satu dari 4 pedukuhan yang ada di Desa Bagung )untuk menanam pohon kelapa. Dari hasil bumi ini sebagian masyarakatnya mengolahnya menjadi gula.Walaupun skalanya belum terlalu  besar,tetapi banyak masyarakat khususnya dukuh Sadang yang menjadikan pembuatan gula kelapa sebagai salah satu penghasilan tambahan diluar pprofesinya sebagai petani.

Jika dilihat dari masalah harga ,gula kelapa sendiri cukup dapat bersaing di pasaran, kualitasnya tidak kalah dengan gula-gula sejenis yang beredar di pasaran.Dengan harga Rp.15.000,-/kg,dirasa tidak terlalu mahal dan harga tersebut cukup untuk menutupi ongkos produksi pembuatan gula kelapa.

Jika potensi ini terus dibina dan dikembangkan bukan suatu hal yang mustahil jika suatu saat nanti Desa Bagung bisa menjadi salah satu sentra pembuatan Gula Kelapa.

PELATIHAN SID KEC.PREMBUN

Hari ini tanggal 14 Agustus 2014,Kec.Prembun mengadakan pelatihan serempak seluruh desa yang ada di kecamatan prembun untuk melakukan proses migrasi Off Line Data ke On Line Data.Pelatihan ini diadakan di Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen.Dimana semua desa mengirimkan salah satu perwakilannya untuk melakukan proses migrasi tersebut. Mudah mudahan dengan adanya migrasi ini ,diharapkan semua informasi yang ada di seluruh desa yang ada di kecamatan prembun bisa di akses oleh siapapun.

Desa Bagung termasuk dalam 1 dari 13 desa yang mengikuti on line sistem informasi data. Sangat besar harapannya untuk memberikan informasi apa saja yang bersifat membangun,memotivasi dan berguna bagi siapa saja yang masuk kedalam akun Desa Bagung, tentunya informasi yang diberikan oleh operator harus yang bernilai positif,dengan demikian orang-orang asli Desa Bagung yang sedang ada di perantauan atau dibelahan bumi manapun sekalian bisa mengetahui apa saja yang sedang terjadi di desanya tercinta.

 

 

DESA BAGUNG

Bagung adalah nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen, yang lokasi desanya persis di belakang kantor Kecamtan Prembun.

Desa Bagung sendiri bisa dikatakan Desa yang paling dekat dengan pusat pemerintahan di kecamatan,hanya butuh kurang dari 5 menit perjalanan kita langsung bisa menemukan jajaran pusat-pusat pertokoan,pasar,terminal,stasiun,pusat kesehatan,bank-bank nasional maupun swasta serta banyak fasilitas fasilitas lain yang menunjang kehidupan para masyarakatnya,yang mengesankan bahwa kita masyarakat Desa Bagung, bukan termasuk masyarakat Desa Tertinggal.

Membagung Desa Dengan Data

Ketika banyak desa telah menggunakan software ini, hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan yang sesungguhnya untuk mengelola data menjadi informasi yang langsung tersaji dan bisa dimanfaatkan oleh penduduk desa.

Desa seperti sebuah negara kecil yang otonominya dikepalai oleh kepala desa.

  1. Data dibutuhkan untuk melihat perbandingan skill penduduk yang ada di desa dengan basis pekerjaan
  2. Untuk informasi kebutuhan data sederhana seperti golongan darah, apabila ada penduduk yang membutuhkan transfusi darah
  3. Untuk pelaporan kewilayah diatas desa, misal kecamaan atau musrembang
  4. Untuk melihat kebutuhan yang ada pada desa, apabila hanya ada beberapa orang yang memiliki kemampuan tertentu.
  5. Dibidang kesehatan, ada berapa dokter yang ada di desa sebagai pelayan kesehatan publik
  6. Dalam bidang pembangunan, ada berapa orang didesa yang bekerja sebagai tukang batu
  7. Dalam bidang ketahanan pangan ada berapa penduduk desa yang bekerja dibidang pertanian, perikanan, perkebunan
  8. Mengetahui penduduk rentan yang membutuhkan peran siaga dari semua pihak (penduduk hamil, anak kecil, penduduk difable dll)
  9. Mengetahui sketsa pendidikan individu apakah desa butuh pelatihan khusus untuk menjadi cerdas dan berdaya
  10. Membangun kepercayaan dengan pelayanan publik yang dilakukan desa kepada masyarakat, dalam mengurus surat-menyurat.
  11. Transparansi keuangan untuk desa, dokumentasi dan report data yang selalu tertangkap dalam sistem
  12. Sebagai pemantau keamanan dari penduduk yang melakukan pekerjaan maupun perjalanan keluar desa.


Butuh keterlibatan semua warga dalam memanfaatkan data ini, hal yang ingin kami tekankan adalah realitas dari fleksibilitas software untuk menangkap dinamisasi dari data penduduk yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

Software ini dapat menembus hal yang selama ini belum bisa direalisasikan pemerintah tentang data.
Pemerintah mendapatkan data bukan dari data yang nyata, mereka mendapat data dari badan survey yang selalu memberi masalah pada desa. Adalah data yang dibuat dari pengumpulan data bukan parsitipatif dari warga, namun hanya membuat parameter sendiri dari beberapa sampel contoh beberapa desa. Inipun dilakukan dalam rentang waktu tertentu, sedangkan data yang ada pada desa telah berubah. Berpindah dari tempatnya semula. Inilah yang telah melatarbelakangi tidak tepatnya sasaran semua program dari pemerintah untuk masyarakat desa.

Banyak desa terombang ambing karena perbedaan data, data yang mereka punyai dan serahkan ke bps atau kelembaga pemerintah yang lain cenderung lebih sering ditolak, karena ada perbedaan data.  memang karena hal inilah mereka sering mengeluh tentang data.

SID Menggampangkan penyediaan data yang belum pernah terpecahkan dalam ruang lingkup paling bawah. Data penduduk lahir hingga penduduk mati, penduduk pendatang yang ada didesa hingga proses perubahan paling kecil.

Adalah sebuah alat yang membutuhkan keterampilan dari penggunanya. Alat ini seperti pisau yang mempunyai dua mata. Jika tidak berhati-hati dalam menggunakannya dapat melukai pemakainya.