Setiap Desa tentunya memiliki potensi yang berbeda-beda.Potensi tersebut jika dikembangkan dengan baik maka akan menjadi sesuatu yang sangat berharga serta berguna untuk masyarakatnya.

Potensi tersebut biasanya dipengaruhi oleh letak desa itu sendiri,seperti Desa Bagung sendiri misalnya Terletak didaerah dataran Sedang,sebagian wilayahnya sebagian besar terdiri dari lahan persawahan dan pekarangan. yang otomatis menjadikan sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai petani.

Disamping lahan persawahan yang luas terdapat juga lahan pekarangan yang cukup luas,yang dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Desa Bagung khususnya di dusun Sadang ( nama satu dari 4 pedukuhan yang ada di Desa Bagung )untuk menanam pohon kelapa. Dari hasil bumi ini sebagian masyarakatnya mengolahnya menjadi gula.Walaupun skalanya belum terlalu  besar,tetapi banyak masyarakat khususnya dukuh Sadang yang menjadikan pembuatan gula kelapa sebagai salah satu penghasilan tambahan diluar pprofesinya sebagai petani.

Jika dilihat dari masalah harga ,gula kelapa sendiri cukup dapat bersaing di pasaran, kualitasnya tidak kalah dengan gula-gula sejenis yang beredar di pasaran.Dengan harga Rp.15.000,-/kg,dirasa tidak terlalu mahal dan harga tersebut cukup untuk menutupi ongkos produksi pembuatan gula kelapa.

Jika potensi ini terus dibina dan dikembangkan bukan suatu hal yang mustahil jika suatu saat nanti Desa Bagung bisa menjadi salah satu sentra pembuatan Gula Kelapa.

Ditulis Oleh :ONY OKTAVIANI A.Md
Pada : 21 Agustus 2014 07:08:01 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar