30 Juli 2013
Profil Kepala Desa

Wilayah desa berisi tentang penjelasan dan deskripsi letak wilayah desa. contohnya sebagai berikut :
Batas-batas :
Utara                      : Kelurahan a
Timur                     : Desa b
Selatan                   : Desa c
Barat                      : Kelurahan d dan Desa e
Luas Wilayah Desa Penglatan   : 186,193 Ha
Letak Dan Batas Desa x
Desa Penglatan terletak pada posisi 115. 7.20 LS 8. 7.10 BT, dengan ketinggian kurang lebih 250 M diatas permukaan laut.

...

01 April 2013
Produk desa

Bukan hanya hasil bumi yang selalu menjadi sorotan dunia internasional, sebenarnya selain itu budaya yang kita punya pun tidak kalah bagusnya untuk ditunjukkan ke kancah internasional.
Songket, tenun, batik, ukir dan lain-lain. semua itu adalah kekayaan indonesia dari kearifan lokal yang ditinggalkan nnek moyang kita. dan melalui media website, hal ini dapat kita tampilkan melalui sebuah etalase yang sederhana.hasil kerajinan berkualitas tinggi yang memiliki daya tarik, tidak selalu berimbas negatif dengan menyerahkan tanah air dan tambang kita. lebih baik mengamankan mereka dengan memperkokoh lagi kearifan lokal, sehingga terjaga kelestarian budaya bangsa.

...

POTENSI DESA BAGUNG

Setiap Desa tentunya memiliki potensi yang berbeda-beda.Potensi tersebut jika dikembangkan dengan baik maka akan menjadi sesuatu yang sangat berharga serta berguna untuk masyarakatnya.

Potensi tersebut biasanya dipengaruhi oleh letak desa itu sendiri,seperti Desa Bagung sendiri misalnya Terletak didaerah dataran Sedang,sebagian wilayahnya sebagian besar terdiri dari lahan persawahan dan pekarangan. yang otomatis menjadikan sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai petani.

Disamping lahan persawahan yang luas terdapat juga lahan pekarangan yang cukup luas,yang dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Desa Bagung khususnya di dusun Sadang ( nama satu dari 4 pedukuhan yang ada di Desa Bagung )untuk menanam pohon kelapa. Dari hasil bumi ini sebagian masyarakatnya mengolahnya menjadi gula.Walaupun skalanya belum terlalu  besar,tetapi banyak masyarakat khususnya dukuh Sadang yang menjadikan pembuatan gula kelapa sebagai salah satu penghasilan tambahan diluar pprofesinya sebagai petani.

Jika dilihat dari masalah harga ,gula kelapa sendiri cukup dapat bersaing di pasaran, kualitasnya tidak kalah dengan gula-gula sejenis yang beredar di pasaran.Dengan harga Rp.15.000,-/kg,dirasa tidak terlalu mahal dan harga tersebut cukup untuk menutupi ongkos produksi pembuatan gula kelapa.

Jika potensi ini terus dibina dan dikembangkan bukan suatu hal yang mustahil jika suatu saat nanti Desa Bagung bisa menjadi salah satu sentra pembuatan Gula Kelapa.

Potensi Desa

Media untuk menyampaikan potensi yang dimiliki oleh desa. bisa melihat dari sektor pertanian dan perikanan sebagai sentra ekonomi masyarakat. dll

Misal Kegiatan budidaya yang ada di dalamnya yang menjadi potensi namun kurang mendapat sorotan oleh pemerintah, ini dapat digunakan sebagai sarana advokasi untuk memperlihatkan kepada pemerintah untuk segera memberikan sarana penunjang kepada masyarakat.

atau dapat pula potensi antar desa yang berjejaring dapat memberi sumbangsih kelebihannya pada desa lain. contoh, ketika satu desa berhasil dengan metode budidaya tertentu, dapat menularkan pengetahuannya ke desa lain. apabila ada kebutuhan desa satu yang menjadi kelebihan desa lain dapat saling bertukar potensi.